Rabu, 10 Desember 2008

Motivasi Belajar dan LKS

MOTIVASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


  1. Standar kompetensi : Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat.

  2. Kompetensi dasar :

    • Menceriterakan perlu merawat tanaman

    • Hewan pelihara dan lingkungan sekitar

  3. Metode :

    • Ceramah

    • Diskusi

    • Tanya jawab

    • Demonstrasi

    • Penugasan

  4. Kegiatan awal :


      1. Apersepsi : Merupakan suatu kegiatan yang berupa pertanyaan- pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan diajarakan. Misalnya:


  • Siapa yang pernah melihat binatang sapi?

  • Tanaman apa saja yang ada di sekitar lingkungan rumah kamu?

      1. Motivasi : Kegiatan ini tida jauh bedanya dengan kegiatan apersepsi. Bentuk kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian siswa pada materi yang akan dipelajari.

      2. Penyampaian dari tujuan pembelajaran atau topic.

Bentuk dari motivasi yang dilakukan oleh guru harus sesuai dengan materi yang akan di pelajari oleh siswa, sehingga dapat mendorong atau membangkitkan minat siswa untuk belajar lebih aktif dan tidak jenuh ketika mendengar atau menerima pelajaran dari guru disaat proses belajar mengajar berlangsung.

Ada beberapa cara motivasi yang ditempuh atau dibuat oleh guru untuk mendorong minat belajar siswanya pada saat menerima pelajaran, misalnya; menyanyikan lagu, membacakan puisi, dan membacakan cerita atau dongeng.

Adapun beberapa motivasi yang dilakukan oleh guru yang berkaitan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar di atas, diantaranya dapat dilihat beberapa contaoh di bawah ini yang berkaitan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, yaitu:

  1. Contoh motivasi dalam bentuk lagu: “Lihat Kebunku”.

  2. Contoh motivasi dalam bentuk puisi: “Buah Tomat”.

  3. Contoh motivasi dalam bentuk cerita: “Kuda dan Rusa”.



OLEH : RIKARDUS P. BANI



LEMBAR KERJA SISWA


(LKS)



Satuan Pendidikan : Sekolahah Dasar (SD)

Mata Pelajaran : IPA

Pokok Bahasan : Energi

Sub Pokok Bahasan : Menyajikan/ membuat suatu pengantar arus karya/model yang menggunakan energi listrik




      1. Masalah

Mengapa manusia membutuhkan energi dalam kehidupannya sehari-hari? Mengapa demikian?


      1. Alat dan Bahan

        • Balon lampu senter

        • Kabel/kertas perak

        • Batrei


      1. Langkah-langkah Dalam Melakukan Percobaan

        • Siapkan 1 (satu) buah bola lampu senter

        • Siapkan 1 (satu) buah kabel

        • Siapkan 1 (satu) buah batrei

        • Sambungkan/lilitkan bola lampu dengan kabel yang telah disediakan

        • Pasangkan bola lampu yang telah dililit dengan kabel pada ke dua kutup batrei, yaitu kutup positif dan kutup negatif

        • Amatilah apa yang terjadi dengan bola lampu tersebut jika:

          • Bola lampu di taruh pada kutup posif?

          • Bola lampu di taruh pada kutup negatif?

          • Bola lampu di taruh pada samping batrei?


      1. Data Pengamatan


No

Alat/jenis bahan

Bahan yang bisa menghantar arus

Bahan yang tidak bisa menghantar arus



Tembaga/besi

Plastik






      1. Analisis Data

        • Bahan seperti apakah yang bisa mengantar arus listrik?

        • Bahan seperti apakah yang tidak bisa menghantar arus listrik?


      1. Simpulan

Berdasarkan dari analisis data yang kamu amati di atas, maka dapat menimbulkan beberapa pertanyaan ,yaitu:

  1. Bahan manakah yang bisa menghantar arus listrik?

  2. Bahan manakah yang tidak bisa menghantar arus listrik?

  3. Apa pengaruh energi terhadap manusia?


      1. Perluasan

Energi apakah yang digunakan oleh manusia, jika malam tiba? Mengapa demikian?






0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger