MOTIVASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Standar kompetensi : Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat.
Kompetensi dasar :
Menceriterakan perlu merawat tanaman
Hewan pelihara dan lingkungan sekitar
Metode :
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Demonstrasi
Penugasan
Kegiatan awal :
Apersepsi : Merupakan suatu kegiatan yang berupa pertanyaan- pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan diajarakan. Misalnya:
Siapa yang pernah melihat binatang sapi?
Tanaman apa saja yang ada di sekitar lingkungan rumah kamu?
Motivasi : Kegiatan ini tida jauh bedanya dengan kegiatan apersepsi. Bentuk kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian siswa pada materi yang akan dipelajari.
Penyampaian dari tujuan pembelajaran atau topic.
Bentuk dari motivasi yang dilakukan oleh guru harus sesuai dengan materi yang akan di pelajari oleh siswa, sehingga dapat mendorong atau membangkitkan minat siswa untuk belajar lebih aktif dan tidak jenuh ketika mendengar atau menerima pelajaran dari guru disaat proses belajar mengajar berlangsung.
Ada beberapa cara motivasi yang ditempuh atau dibuat oleh guru untuk mendorong minat belajar siswanya pada saat menerima pelajaran, misalnya; menyanyikan lagu, membacakan puisi, dan membacakan cerita atau dongeng.
Adapun beberapa motivasi yang dilakukan oleh guru yang berkaitan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar di atas, diantaranya dapat dilihat beberapa contaoh di bawah ini yang berkaitan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, yaitu:
Contoh motivasi dalam bentuk lagu: “Lihat Kebunku”.
Contoh motivasi dalam bentuk puisi: “Buah Tomat”.
Contoh motivasi dalam bentuk cerita: “Kuda dan Rusa”.
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan : Sekolahah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : IPA
Pokok Bahasan : Energi
Sub Pokok Bahasan : Menyajikan/ membuat suatu pengantar arus karya/model yang menggunakan energi listrik
Masalah
Mengapa manusia membutuhkan energi dalam kehidupannya sehari-hari? Mengapa demikian?
Alat dan Bahan
Balon lampu senter
Kabel/kertas perak
Batrei
Langkah-langkah Dalam Melakukan Percobaan
Siapkan 1 (satu) buah bola lampu senter
Siapkan 1 (satu) buah kabel
Siapkan 1 (satu) buah batrei
Sambungkan/lilitkan bola lampu dengan kabel yang telah disediakan
Pasangkan bola lampu yang telah dililit dengan kabel pada ke dua kutup batrei, yaitu kutup positif dan kutup negatif
Amatilah apa yang terjadi dengan bola lampu tersebut jika:
Bola lampu di taruh pada kutup posif?
Bola lampu di taruh pada kutup negatif?
Bola lampu di taruh pada samping batrei?
Data Pengamatan
No | Alat/jenis bahan | Bahan yang bisa menghantar arus | Bahan yang tidak bisa menghantar arus |
| Tembaga/besi Plastik
|
|
|
Analisis Data
Bahan seperti apakah yang bisa mengantar arus listrik?
Bahan seperti apakah yang tidak bisa menghantar arus listrik?
Simpulan
Berdasarkan dari analisis data yang kamu amati di atas, maka dapat menimbulkan beberapa pertanyaan ,yaitu:
Bahan manakah yang bisa menghantar arus listrik?
Bahan manakah yang tidak bisa menghantar arus listrik?
Apa pengaruh energi terhadap manusia?
Perluasan
Energi apakah yang digunakan oleh manusia, jika malam tiba? Mengapa demikian?
0 komentar:
Posting Komentar